Struktur Organisasi PBB: Pengertian, Tugas & Penjelasan Lengkap

Netter.co.id kali ini akan membahas tentang Struktur Organisasi PBB – Menurut Piagam PBB, Dewan Keamanan memiliki kekuatan untuk memberikan perdamaian dan keamanan kepada dunia.

Ada 15 anggota Dewan Keamanan, lima adalah anggota tetap dan 10 adalah anggota tidak tetap. Ketika 10 anggota PBB tidak tetap dipilih oleh Majelis Umum setiap dua tahun. Setiap anggota memiliki satu suara.

Semua anggota PBB harus mematuhi keputusan Dewan Keamanan. Mahkamah Internasional merupakan dalam peradilan PBB. International Court of Justice terletak di wilayah Belanda, yakni Den Haag.

Tugas MI adalah untuk menyelesaikan adanya perselisihan hukum antara negara-negara anggota PBB di bawah hukum internasional. Selain itu, Mahkamah Internasional memiliki tugas mengeluarkan pendapat hukum yang diperlukan oleh organisasi PBB.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menyampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Struktur Organisasi PBB. Untuk ulasan selengkapnya, yuukk… Simak sebagai berikut.

Pengertian PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa)

Pengertian Perserikatan Bangsa-Bangsa merupakan adanya suatu organisasi di seluruh dunia dengan anggota dari hampir setiap negara di dunia.

Perserikatan Bangsa-Bangsa juga dikenal sebagai Perserikatan Bangsa-Bangsa atau Perserikatan Bangsa-Bangsa dan memberikan solusi untuk berbagai masalah di seluruh dunia, termasuk dalam suatu masalah hukum internasional, masalah sosial, ekonomi, dan keamanan internasional.

Termasuk dalam sebuah organisasi internasional yang telah bertindak sebagai badan perwakilan perwakilan dari hampir setiap negara di dunia untuk membahas bagaimana dunia dapat mencapai keamanan, perdamaian, dan kemakmuran.

Struktur dan Tugas Organisasi PBB

Struktur Organisasi PBB

Adapun berbagai struktur dan tugas organisasi dalam PBB ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

Baca Juga :  Contoh Perjanjian Internasional: Pengertian & Tahapan Perjanjian

1. Majelis Umum

Majelis Umum PBB, yang dikenal sebagai Majelis Umum Inggris, ialah adanya suatu organ tertinggi organisasi. Anggota Majelis Umum tersebut yakni telah terdiri dari negara-negara anggota SEMA (ada 192 negara pada tahun 2017).

Struktur dasar dalam Majelis Umum PBB yakni telah terdiri dari:

  • Ketua Majelis Umum, yakni yang selalu diminta untuk melakukan dengan adanya sebuah tes selama pertemuan.
  • Semua dalam anggota majelis yakni dengan 5 perwakilan negara bagian dengan satu suara.

2. Dewan Keamanan

Dewan Keamanan, lebih dikenal sebagai Dewan Keamanan, adalah badan PBB dengan fungsi-fungsi penting. Badan ini secara langsung bertanggung jawab atas keamanan atau stabilitas keamanan dan perdamaian internasional.

Dewan Keamanan PBB dapat mengadakan sidang, yang lebih penting jika ada masalah di Negara-negara Anggota yang dapat merusak dan menghancurkan tujuan Perjanjian PBB.

Dewan Keamanan PBB adalah anggota dari 11 negara. 5 anggota tetap mempunyai sebuah kemajuan yang bisa mereka terima dan tolak. Nama lain untuk program progresif ini ialah hak veto.

Tugas-tugas yang diberikan pada struktur Dewan Keamanan PBB meliputi:

  • Dapat menyelesaikan konflik dengan perdamaian
  • Membuat keputusan tentang proses pencegahan konflik yang mempengaruhi perdamaian dunia
  • Dewan Keamanan tidak berkewajiban untuk menyerahkan tugas ini untuk pengawasan terus-menerus di wilayah tersebut.
  • Dewan Keamanan, bekerja sama dengan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, menunjuk seorang hakim ke Mahkamah Internasional.

Untuk menyelesaikan tugas ini, setiap Dewan Keamanan didukung oleh tiga komite, yang dewannya dipimpin oleh Dewan Keamanan, Perlucutan Senjata, Komite Personel Militer, dan Angkatan Bersenjata Perserikatan Bangsa-Bangsa.

3. Dewan Ekonomi dan Sosial

Struktur organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah Dewan Ekonomi dan Sosial, yang lebih dikenal sebagai Dewan Ekonomi dan Sosial, di mana ECOSOC menyediakan total 54 dana untuk setiap negara. Dewan berwenang sebagai melakukan proses setidaknya tiga kali di New York atau di suatu tempat lain.

Baca Juga :  Sejarah Burung Garuda: Lambang Negara, Arti & Makna Garuda

Tugas-tugas di Dewan Ekonomi dan Sosial PBB, diantaranya ialah:

  • Diskusi dan rekomendasi untuk Majelis Umum PBB –
  • Mengkoordinasikan kerja Komisi dan badan-badan PBB seperti WHO, ILO, FAO dan UNICEF.
  • Melakukan dalam sebuah kegiatan ekonomi dan sosial di bawah pengawasan PBB.
  • Pengacara untuk suatu hak asasi manusia dan hak asasi manusia dan lainnya.

4. Dewan Perwakilan

Dewan Perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang dikenal sebagai UK Trust Board, terdiri dari tiga kelompok, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Negra State, yang telah mengontrol representasi.
  • Semua negara adalah anggota PBB.
  • Anggota Dewan Keamanan PBB.

Peran Dewan Perwakilan PBB adalah untuk mengimplementasikan pedoman dan mempromosikan pengembangan daerah berkembang. Memang, prioritas utama Dewan Pengawas dapat diusulkan oleh negara-negara yang memiliki hak untuk bebas atau tidak.

5. Mahkamah Internasional

Pengadilan Keadilan Internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah hukum internasional penting yang berpusat di Den Haag, Belanda. Anggota pengadilan ini akan terdiri dari Dewan Keamanan dan wakil hakim berusia sembilan tahun.

Tugas-tugas yang diberikan kepada Mahkamah Internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa meliputi:

  • Perselisihan di suatu negara-negara anggota PBB.
  • Pandangan Majelis Umum PBB tentang resolusi konflik antara negara-negara anggota PBB.
  • DK membawa tindakan terhadap salah satu pihak yang bersengketa.
  • Saran hukum untuk Majelis Umum dan Dewan Keamanan.

6. Sekretariat (Secretariat)

Sekretariat PBB yakni dapat bertanggung jawab atas adanya suatu badan-badan PBB lainnya yang mengelola dan mengimplementasikan program.

Sekretariat PBB akan mencakup posisi-posisi berikut:

  • Sekretaris Jenderal PBB
  • Staf PBB
  • Wakil Sekretaris Jenderal PBB

Tugas utama dalam seorang Sekretaris Jenderal PBB adalah, antara lain, untuk memimpin organisasi administrasi PBB untuk mencapai ini melalui implementasi program dan strategi.

Baca Juga :  Pengertian Demokrasi Liberal Ciri, dan Latar Belakang (Lengkap)

Selain Sekretaris Jenderal, adalah wajib sebagai menyerahkan dalam sebuah laporan tahunan dan bertanggung jawab atas kegiatan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Majelis Umum.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Struktur Organisasi PBB. Semoga bermanfaat.

Categories PKN