Pengertian Kepribadian Menurut Psikologi, Ciri-Ciri & Tipe-tipenya

Netter.co.id – Apa itu Pengertian Kepribadian? Dalam psikologi, IMU mengembangkan berbagai teori tentang kepribadian. Pada umumnya dapat menyadari masalah pribadi introvert, ekstrovert, dan ambulans. Tiga teori pribadi pertama sangat populer di kalangan masyarakat.

Tetapi tahukah Anda bahwa psikologi memiliki pandangan yang luas? Salah satunya adalah teori kepribadian, yang dikembangkan oleh filsuf Yunani Hippocrates hingga 400 SM. Chr. Disempurnakan oleh Galenus dan sekarang dikenal di dunia psikologis sebagai teori Hippocrates-Galenus.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menyampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Kepribadian. Untuk ulasan selengkapnya, yyuukk… Simak sebagai berikut.

Pengertian Kepribadian

Pengertian Kepribadian Menurut Psikologi

Kepribadian (Personality) yakni bukanlah bakat alami, tetapi dibentuk oleh proses sosialisasi. Kepribadian sebagai kecenderungan psikologis bagi orang-orang, terutama perilaku sosial, untuk membuat setiap arti penting, untuk keinginan, untuk berpikir, untuk bertindak, dan untuk bertindak.

Kepribadian Menurut Pengertian Sehari-Hari

Kepribadian dalam sehari-hari yakni juga dapat menafsirkan ini sebagai karakteristik dalam dirinya sendiri, seperti orang yang sangat pemalu sebagai “kepribadian yang malu”.

Bagi orang yang perlu mendapatkan gelar “kepribadian yang hidup” dan bagi mereka yang memiliki desain, gaya dan lain-lain untuk mendapatkan gelar “tidak kepribadian”.

Kepribadian Menurut Psikologi

Di suatu sisi psikologis, Gordon Allport mengatakan bahwa kepribadiannya adalah untuk organisasi (berbagai aspek psikologis dan fisik), yang termasuk dalam suatu struktur dan proses. Jadi kepribadian bisa berubah. Secara khusus, kata Allport, kepribadiannya terus tumbuh dan berubah.

Ciri-Ciri Kepribadian

Adapun berbagai ciri-ciri dalam kepribadian ini, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Para ahli yakni masih merumuskan kepribadian yang berbeda. Dalam penelitian perpustakaan yang dilakukan Gordon, w. Allport (Gardner dan Calvin S. Hall)
  • Menurut pendapatnya, organisasi kepribadian sama dinamisnya dengan semua sistem psiko-fisik yang menentukan cara unik untuk mengatur lingkungan. Kunci untuk memahami kepribadian cocok.
  • Lindzey (2005) yakni telah menemukan sekitar 50 definisi kepribadian yang berbeda. Dari penelitian yang mereka lakukan, mereka dapat mengembangkan formula kepribadian yang begitu lebih lengkap.
Baca Juga :  Partai Soekarno: Partai Politik, Orde Lama, PDi Beserta PNI

Tipe Kepribadian

Adapun berbagai jenis tipe dalam kepribadian ini, yakni:

a. Koleris

Kepribadian yang pertama yakni telah disebutkan dengan teori Hippocrates-Galenus ialah Koleris. Colerists dikenal karena tipe kepribadian mereka yang bersemangat dan optimis. Selain itu, fitur-fitur ini berhubungan dengan detak jantung yang mudah teriritasi.

Sisi yang negatif dari sifat yang mudah tersinggung ialah adanya ketidaksabaran dan gangguan sampai perang berakhir. Intinya adalah bahwa sifat mudah tersinggung adalah jenis ledakan dan jenis ledakan.

b. Plegmatis

Tidak menyukai dalam kekerasan dan selalu cinta damai sebagai karakter tipikal yang khas. Plegmatis juga seseorang yang sering menebar kebahagiaan melalui lelucon lucu.

Plegmatis juga orang-orang yang tidak mudah dipengaruhi dan seks yang tidak ingin terlihat populer. Plegmatis memilih untuk tenang dan tidak khawatir tentang apa yang mereka anggap sepele.

c. Melankolis

Mereka melankolis berkelas sering khawatir dan marah. Namun kekuatan melankolis mereka sangat kreatif dan analitis. Bahkan kemurungan seringkali sangat memalukan sehingga kenyataannya tidak buruk.

d. Sanguinis

Selalu memprioritaskan berpikir sebagai semacam karakter sanguinis. Jaga semangat dan kehangatan untuk semua orang yang menemukan Anda bahagia dengan orang lain karena mereka merasa nyaman.

Sedih sekali, sanguinis itu selalu menemukan cara untuk membuat mereka bahagia. Dan sisi negatif dari Sanguinis adalah ia takut tidak populer. Ini sangat populer dan akan ditekankan jika tidak populer dalam kehidupan.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Pengertian Kepribadian. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Categories PKN