Netter.co.id kali ini akan membahas tentang Pengertian Brosur – Merupakan salah satu media yang bisa memediasi iklan. Brosur ini dimaksudkan untuk memberikan sebuah informasi produk terhadap pelanggan potensial.
Brosur, yakni terdiri dari selembar kertas dengan deretan kata dan informasi tentang suatu produk dan gambar pendukung kecil. Pasti kalian mengenal dengan istilah brosur bukan?
Nahh… Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap yakni mengenai Pengertian Brosur dan penjelasan lainnya. Untuk ulasan selanjutnya… Simak sebagai berikut.
Pengertian Brosur
Brosur merupakan salah satu sebuah media periklanan. Brosur memiliki sebuah fungsi sebagai informasi mengenai produk yang ditawarkan terhadap orang lain.
Bentuk umum dalam sebuah brosur ialah selembar kertas yang berisi kata-kata dan gambar. Terdapat sejumlah brosur yang biasa ditemukan pada kehidupan sehari-hari, termasuk brosur untuk perekrutan siswa baru, kursus bahasa Inggris, makanan, dan lain sebagainya.
Dalam penerbitan sebuah brosur non-berkala, yang dapat terdiri atas satu hingga beberapa halaman. Jika brosur lebih dari satu lembar, brosur atau pamflet dapat dicetak dalam kedua sisi dan bisa dilipat menjadi lembaran terpisah menggunakan pola lipatan tertentu.
Informasi dalam brosur biasanya akan ditulis menggunakan bahasa yang singkat dan jelas. Secara umum, agar desain brosur berwarna dan lebih menarik, yakni sebagai menarik minat si pembaca.
Menurut pengertian UNESCO, brosur adalah edisi non-periodik yang tidak terikat penuh (dalam satu edisi) dan yang memiliki setidaknya 5 halaman tetapi tidak lebih dari 48 halaman, kecuali untuk perhitungan dalam sebuah sampul.
Fungsi Brosur
Fungsi utama dalam brosur adalah untuk memberi tahu masyarakat umum tentang suatu produk yang ditawarkan secara terperinci. Untuk menarik perhatian publik, brosur ini biasanya dirancang dengan menarik dan juga jelas dalam hal konten.
Terdapat beberapa fungsi dari brosur ialah sebagai berikut:
- Untuk memberi tahu pelanggan potensial sehubungan dengan perusahaan atau bahkan dalam layanan atau produk yang ditawarkan.
- Pertahankan dalam sebuah konsep atau kriteria yang sama untuk semua produk atau brosur ataupun dalam sebuah layanan perusahaan.
- Sebagai instrumen promosi yang menarik dan juga menawarkan kesempatan sebagai mempromosikan satu atau lebih produk atau layanan.
Ciri-Ciri Brosur
Berikut merupakan beberapa karakteristik atau ciri-ciri dalam sebuah brosur, diantaranya ialah sebagai berikut:
- Secara umum, terdapat satu pesan yang harus dikirim.
- Dijual secara terpisah dengan seorang produsen brosur.
- Mempunyai sebuah konten atau isi yang ringkas dan jelas.
- Dalam penerbitannya, hanya sekali saja tidak boleh lebih.
- Untuk dapat memformalkan, membujuk, mengedukasi, atau mempengaruhi orang agar si pelanggan untuk membeli sebuah produk yang nantinya akan ditawarkan.
- Desainnya dirancang semenarik mungkin untuk menarik perhatian masyarakat atau publik.
Tujuan Brosur
Terdapat beberapa tujuan dalam pembuatan sebuah brosur, diantaranya ialah sebagai berikut:
- Memberikan sebuah informasi.
- Untuk mempromosikan sebuah brosur yang akan ditawarkan.
- Dapat meningkatkan daya tarik dalam suatu produk.
- Sebagai identitas terhadap sebuah produk.
Dalam brosur, termasuk salah satu media yang bisa memediasi iklan. Brosur ini dimaksudkan untuk memberikan sebuah informasi produk terhadap pelanggan potensial.
Jenis-jenis Brosur
Terdapat beberapa jenis dalam sebuah produk, diantaranya ialah sebagai berikut:
1. Jenis Brosur Berdasarkan Warna
Warna-warna dalam sebuah brosur terkadang juga mempengaruhi harga pencetakan brosur. Terdapat dua jenis brosur dengan berdasarkan warna saat mencetak, diantaranya ialah:
- Brosur Fullcolour
Brosur ini, yakni mempunyai sebuah warna yang menarik dan beragam. Tinta untuk buklet ini adalah kombinasi antara Cyan, Yellow, Magenta, dan Key (Black). Tidak diragukan lagi, harga selebaran yang dicetak penuh warna berbeda dengan harga brosur hitam dan putih.
- Brosur B/W (Black White)
Brosur yang berwarna hitam dan putih dapat menjadi sebuah pilihan untuk menjadi lebih ekonomis karena dapat menghemat hingga 50% dari uang dan kalau akan menggunakan brosur hitam dan putih alih-alih brosur berwarna.
2. Jenis Brosur Berdasarkan Sisi
Dalam sebuah brosur ini, dapat mencetak brosur di satu atau dalam kedua sisi. Harga untuk pencetakan brosur satu sisi lebih murah daripada untuk dua sisi. Namun, untuk brosur dua halaman, harganya lebih dari dua kali lipat dari brosur satu halaman.
Satu atau dua halaman akan tergantung pada selera dan anggaran iklan Anda. Hal terpenting dari brosur dua halaman ialah sebagai kesesuaian dalam penempatan dengan sebuah konten informasi.
Baca Juga :
Demikian pembahasan yang telah kita sampaikan secara jelas dan lengkap yakni mengenai Pengertian Produk, tujuan, ciri-ciri, fungsi, beserta jenisnya. Semoga ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.