Netter.co.id – Bagaimana Cara Membuat Lamaran Pekerjaan? Seberapa besar pengaruh yang kita miliki saat melamar suatu perusahaan. Banyak yang sering mengabaikan format bagus untuk surat pengantar di bawah HRD, karena surat pengantar kami hanya setumpuk kertas.
Begitu banyak sekali kesalahan dalam surat lamaran karena struktur dan bahasa. Karena itu, penting bagi pelamar untuk memperbarui aplikasi mereka sehingga mereka diterima dan dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.
Jika teman Anda telah mengikuti tips untuk membuat surat lamaran, surat lamaran Anda, yakni kemungkinan akan diterima dengan baik dan Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya. Format yang akan digunakan yakni harus dalam kondisi baik dan formal.
Daftar Isi :
Cara Menulis Surat Lamaran Kerja
Jika Anda tahu tips untuk menulis surat pengantar untuk meningkatkan kesempatan, baca di bawah ini cara menulis surat pengantar.
Pada umumnya kemungkinan dalam menulis sebuah surat lamaran yang harus diserahkan dengan konten yang sama. Baik cara membuat surat lamaran online, cara membuat surat lamaran di bank dan cara membuat surat lamaran di perusahaan
Adapun berbagai langkah-langkah dalam membuat surat lamaran perkerjaan, diantaranya ialah sebagai berikut:
- Tempat dan tanggal dalam suatu penulisan surat tersebut.
- Melainkan nama orang tersebut bersama dengan jabatan dan jabatan atau perusahaan yang dituju. Alamat lengkap perusahaan.
- Disertakan dalam salam hormat
Selain beberapa poin penting di atas, ada juga beberapa tips membuat lamaran pekerjaan yang baik sebagai berikut.
1. Adanya Kata pengantar atau kata pembukaan
Dalam surat pengantar atau pembuka dalam surat lamaran Anda, Anda harus menunjukkan di mana Anda dapat menemukan informasi tentang tawaran pekerjaan dari perusahaan yang Anda cari. Baik dari sebuah koran atau internet atau dari teman Anda.
Sebutkan posisi yang Anda pilih ketika perusahaan itu yakni akan membutuhkan banyak karyawan baru.
2. Biografi Bribadi
Harus menulis sebuah nama lengkap Anda, tempat lahir dan tanggal lahir, email, nomor telepon atau nomor ponsel, alamat lengkap, pendidikan (tidak wajib). Jika Anda ingin menulis latar belakang pendidikan Anda, cukup tuliskan latar belakang pendidikan tertinggi Anda.
3. Pengalaman dan Keterampilan Kerja
Jika Anda pernah bekerja sebelumnya, tulislah pekerjaan Anda sebelumnya. Jika Anda belum pernah bekerja (baru lulus), Anda tidak perlu. Juga tuliskan keterampilan Anda yang dibutuhkan dalam sebuah perusahaan.
4. Penutup
Dalam menulis kata penutup ini, Anda menulis kepada pembaca Anda bahwa Anda memiliki keinginan kuat untuk diterima di perusahaan. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih.
5. Lampiran Surat Lamaran Kerja
Agar perusahaan yang Anda tuju menerima Anda dengan lebih aman, tambahkan hal-hal yang dapat menambah nilai Anda. Hal-hal yang harus hadir sebagai lampiran adalah:
- Pas photo (foto saat ini)
- Fotokopi ijazah terakhir
- Daftar riwayat hidup
- Fotokopi KTP
- Fotokopi sertifikat kompetensi (pelatihan atau kursus yang Anda hadiri)
6. Hormat saya, (disertai tanda tangan dan nama lengkap Anda)
Setelah Anda tahu cara membuat surat lamaran tersebut, Anda akan melihat contoh surat lamaran sebagai berikut:
Contoh Surat Lamaran Kerja di PT
Bandar Lampung, 13 Juni 2020
Hal : Lamaran Pekerjaan
Lampiran : 5 Lembar
Kepada :
Yth. Bapak/Ibu HRD
PT. INDOFOOD
Jl. Turi Raya Gang Kilas
Bandar Lampung
Dengan Hormat,
Berdasakan dalam sebuah informasi yang saya baca dari situs infoloker.com pada tanggal 12 Juni 2019. Dengan melalui sebuah email, saya bermaksud untuk mengajukan sebuah lamaran agar dapat berkerja di PT. INDOFOOD Bandar Lampung sebagai Sekertaris.
Berikut ini data singkat diri saya :
Nama : Ainul Yaqin
Tempat &Tgl.Lahir : Bandar Lampung, 31 Januari 1996
Pendidikan Akhir : S1 – Akutansi
Alamat : Jl. Jogya Indah No.28
HP : 083649698634
Email : ainulyaqin54@gmail.com
Saya mempunyai kondisi kesehatan yang baik, dapat membangun komunikasi yang baik dan bekerja secara pribadi dan dalam tim. Saya dapat berbicara bahasa Inggris secara lisan dan tulisan. Dengan 2 tahun pengalaman profesional di bidang telekomunikasi, saya dapat bekerja dengan aplikasi komputer seperti Program SAP, Microsoft Access, Microsof Visio, Photoshop, Microsoft Excel, Saya juga Memahami beberapa bidang IT seperti HTML, WordPress, Blogger, dengan Hosting.
Untuk bahan pertimbangan, saya ajukan:
- Foto 3×4, 4×6
- Pjoto Full Body
- Fotocopy KTP
- Daftar Riwayat Hidup ( CV / Resume )
- Fotocopy Transkrip Nilai
- Fotocopy Ijazah
- Fotocopy Sertifikat Pendukung
Demikianlah saya menulis surat lamaran ini dengan benar. Saya benar-benar berharap bahwa pihak dari PT. INDOFOOT akan memiliki kesempatan untuk tes dan wawancara sehingga saya dapat menjelaskan potensi saya lebih terinci. Terima kasih atas perhatian Anda.
Hormat Saya,
Ainul Yaqin, S.Kom
Baca Juga :
Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Cara Membuat Lamaran Pekerjaan. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.