Masjid Agung Semarang: Sejarah, Tujuan, Arsitektur & Fasilitas

Netter.co.id – Seperti kita ketahui, Indonesia merupakan negara yang memiliki penduduk muslim terbesar setelah Pakistan. Oleh karena itu, ada banyak masjid yang tersebar di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah Masjid Agung Semarang.

Pada kesempatan kali ini, Museum Nusantara akan membahas masjid modern termegah di Semarang. Penasaran bagaimana megahnya masjid ini? Yuk, cari tahu informasi selengkapnya di bawah ini!

Mengenal Sejarah Masjid Agung Semarang

Masjid Agung Semarang

Pada awal sejarah Islam di Indonesia, Masjid Jawa Tengah yang sering disebut Masjid Agung Kauman di wilayah Semarang sedang berperang. Pembangunan MAJT diawali dengan kembalinya harta benda Masjid Kauman Besar Semarang yang belum pasti asal muasalnya.

Masjid ini erat kaitannya dengan Masjid Kauman Semarang, karena pembangunannya pada awalnya merupakan tanah wakaf milik Masjid Kauman Semarang.

Akuisisi properti ini merupakan hasil dari Proses Tukar Tanah Masjid Kauman, yang dikelola oleh Badan Kesejahteraan Masjid. Dalam proses yang panjang, ujung tanah wakaf kini menjadi tempat berdirinya Masjid Agung Semarang ini, karena dilandasi dengan niat yang luhur.

Tujuan Dibangunnya Masjid Agung Jawa Tengah

Tujuan dibangunnya masjid ini adalah untuk meningkatkan nilai moral dan dijadikan sebagai pusat peribadatan umat Islam di wilayah Jawa Tengah khususnya Makassar yang sebelumnya dinyatakan sebagai masjid tanah wakaf dan realisasinya lahirlah masjid ini.

Masjid ini juga dianggap sebagai masjid provinsi, masjid terbesar di provinsi ini, dan masjid ini memiliki banyak nilai sejarah dan banyak pengetahuan di dalamnya.

Masjid ini berfungsi terutama sebagai tempat ibadah shalat Jum’at dan shalat sunnah lainnya agar masyarakat sekitar merasa nyaman dan tidak terlupakan.

Baca Juga :  Candi di Malang: Mengenal Candi-candi yang Ada di Kota Malang

Masjid ini cocok bagi yang ingin ke tanah suci, namun biayanya terbatas karena masjid ini memiliki arsitektur yang hampir mirip dengan masjid-masjid di Jazirah Arab.

Keindahan Arsitektur Masjid Agung Semarang

Gaya arsitektur masjid adalah wilayah Islam, Jawa, dan Roma. Perpaduan ketiga gaya arsitektur tersebut bisa dirancang dengan Ir. H. Ahmad Fanani dari PT. Atelier Enam Jakarta.

Pada arsitektur wilayah Jawa terlihat dari bangunan utama masjid yang berbentuk limas. Bagian atasnya ditutupi kubah besar dengan diameter 20 meter.

Di setiap sudut dasar kubah terdapat 4 menara yang masing-masing tingginya 62 meter. Selain itu, terdapat menara masjid yang terpisah dari bangunan masjid setinggi 99 meter dan mencerminkan arsitektur Islam.

Deretan Fasilitas Masjid Agung Semarang

Selain sebagai tempat ibadah umat Islam, juga menjadi tujuan wisata religi. Di dalam masjid terdapat berbagai fasilitas seperti: Guest house, sehingga pengunjung bisa bermalam dan menikmati keindahan MAJT keesokan harinya.

Menara Al Husna Tower setinggi 99 meter atau Menara Al Husna memiliki daya tarik yang besar bagi pengunjung.

Terdapat 19 lantai dan masing-masing lantai memiliki fungsinya masing-masing, seperti kafe muslim di lantai 18 yang bisa diputar 360 derajat, dan menara 19 menawarkan 5 teropong untuk alat menemukan keindahan kawasan kota Semarang,

Di serambi masjid terdapat enam layar monster otomatis, seperti yang ada di Masjid Nabawi di Madinah, Arab Saudi. Tinggi masing-masing payung adalah 20 meter dengan diameter 14 meter. Payung raksasa ini dibuka saat salat Jumat, salat Idul Fitri dan salat Idul Adha.

Fasilitas Tambahan Lainnya

Ada beberapa fasilitas tambahan di masjid agung, antara lain:

  • Terdapat Shelter Center di Merchant (Toko Souvenir, 4 Kamar Mandi, dan 70 Kios).
  • Memiliki tempat parkir (680 Mobil, 30 Bus, 670 Sepeda Motor).
  • Memiliki VIP 6 Parkir mobil.
  • Memiliki taman di dalam masjid.
  • Ada listrik.
  • Persediaan air.
  • Memiliki ruang kantor.
  • Ada beberapa ruang perpustakaan.
Baca Juga :  Sejarah Prasasti Talang Tuo: Penemuan & Isi Prasasti

Masjid Agung Semarang yang dikenal dengan namanya terletak di kawasan Kota Semarang, terdapat juga fasilitas di dalam masjid, dan memiliki tujuan untuk meningkatkan nilai-nilai akhlak.

Artikel lainnya:

Penutup

Sekian ulasan kali ini yang telah admin rangkum secara jelas dan singkat tentang Masjid Agung Semarang. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat bagi kalian semua.