Hutan Hujan Tropis: Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi dan Manfaatnya

Netter.co.id kali ini akan membahas tentang Hutan Hujan Tropis – Hutan tropis tersebar luas di daerah beriklim tropis. Distribusi jenis hutan di khatulistiwa yang berasal dari Asia, Amerika Selatan, Afrika, dan sebagian kecil Australia.

Hutan hujan tropis terletak di wilayah misalnya Asia Tenggara, Amazon di bagian Amerika Selatan, dan Kongo di Afrika Tengah. Hal ini juga terletak di Pulau Nugini-Australia dan Pulau Madagaskar.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Hutan Hujan Tropis. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Pengertian Hutan Hujan Tropis

Hutan Hujan Tropis

Pengertian Hutan Hujan Tropis merupakan hutan di daerah tropis dengan curah hujan berlimpah sepanjang tahun. Intensitas curah hujan antara 1800 dan 2000 mm per tahun. Kelembaban di hutan-hutan ini tinggi dan kelembaban relatif rata-rata 80% atau lebih.

Menurut Kamus Nasional Indonesia (KBBI), definisi hutan tropis adalah hutan dengan iklim yang jelas, tanah kering, lembab, dan tentu saja warna hijau. Definisi lain dari hutan tropis, menurut Arief (1994), adalah puncak utama hutan dataran rendah dengan tiga kanopi.

Menurut Whitmore, istilah curah hujan tropis pertama kali digunakan dalam buku A. F. W. Schimper Geography Plant pada tahun 1898, dan istilah ini masih digunakan sampai sekarang.

Baca Juga :  Pengertian Mitigasi Bencana: Jenis, Prinsip, Tujuan & Contohnya

Hutan tropis juga dikenal sebagai pertumbuhan daun besar, yang biasanya hijau atau memiliki kepadatan pohon yang tinggi. Struktur hutan terdiri dari lapisan atap, yang dibagi menjadi beberapa lapisan, yakni A, B, C, D dan E.

Lapisan A berisi pohon-pohon dengan mahkota yang tidak berurutan dengan banyak cabang. Lapisan atap kedua adalah atap utama, yang terdiri dari spesies pohon ramping setinggi 30 hingga 40 m, lapisan atap, di mana terdapat spesies pohon toleran, diarsir.

Fungsi & Manfaat Hutan Hujan Tropis

Hutan tropis memainkan peran penting dalam kelangsungan hidup bumi, tidak hanya sebagai pemasok oksigen terbesar di dunia, tetapi juga sebagai rumah bagi setengah dari flora dan fauna dunia.

Ada juga banyak fitur dan manfaat hutan tropis. Fungsi dan manfaat hutan tropis dijelaskan di bawah ini.

1. Tempat Tinggal Hewan dan Tumbuhan Liar

Seperti disebutkan di atas, hutan tropis adalah rumah bagi setengah dari flora dan fauna dunia. Selain itu, hutan hujan juga merupakan surga bagi kehidupan di dalam ruangan.

Dalam hal hewan dan tumbuhan, perhatian harus diberikan pada hutan hujan terus menerus, karena hutan dapat menyediakan makanan dan minuman bagi hewan dan tumbuhan yang ada.

2. Membantu dalam Menstabilkan Iklim Dunia

Hutan tropis dapat mengendalikan iklim dunia dengan menyerap karbon dioksida di atmosfer. Karbon dioksida meningkat karena pembakaran bahan bakar fosil yang terjadi di Bumi setiap hari, dan karenanya pembakaran menghasilkan karbon dioksida, yang dapat menyebabkan pemanasan global atau yang biasa disebut pemanasan global.

3. Penyuplai Oksigen

Meskipun mereka hanya membentuk 6% dari total luas lahan, hutan tropis memberikan kontribusi signifikan bagi kelangsungan hidup, pemasok oksigen terbesar di dunia. Hujan tropis menghasilkan 80% oksigen dunia yang dibutuhkan untuk barang-barang bumi.

Baca Juga :  Pengertian Penilaian Menurut Para Ahli dan Penjelasan Lengkap

4. Sebagai Tempat Terjadinya Siklus Hidrologi

Hutan tropis memainkan peran penting dalam menjaga sirkulasi siklus air. Curah tropis dapat menyerap air dalam jumlah besar karena pohon-pohon di hutan tropis mempunyai akar panjang dan batang pohon besar yang dapat menyimpan banyak air.

Ciri-Ciri Hujan Tropis

Ada beberapa fitur atau karakteristik dalam hujan tropis, diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Memiliki Pohon Tinggi dan Lebat dan Daunnya Berlimpah

Hujan tropis mempunyai tanah subur karena pengaruh sinar matahari dan curah hujan yang tinggi, sehingga mereka dapat tumbuh secara optimal untuk tanaman atau pohon yang memungkinkan pohon untuk tumbuh, menjadi lebat dan mempunyai banyak daun.

2. Atap Hutan (Kanopi)

Hutan itu mempunyai pohon lebat, banyak ranting dan daun. Ini menciptakan atap pohon atau puncak pohon yang mencegah sinar matahari menembus hutan.

Kanopi terbentuk karena pohon-pohon di hutan mempunyai banyak cabang, pohon tebal dan daun lebar yang menjadi kanopi.

3. Intensitas Hujan

Hutan tropis juga disebut hutan hujan karena hutan dikatakan hujan dengan hujan sepanjang tahun. Curah hujan di hutan ini cukup tinggi mencapai 2000 mm per tahun.

Hutan praktis tidak pernah mengalami musim kemarau karena hutan telah turun hujan selama sekitar satu tahun. Karena alasan ini, hutan ini sering disebut sebagai hutan basah atau hijau.

4. Selalu Disinari Matahari Sepanjang Tahun

Hutan tropis hampir ekuatorial, yang berarti bahwa tempat itu cerah sepanjang tahun. Hutan masih akan mendapatkan matahari, meskipun akan ada pergerakan matahari tahunan yang suram setiap tahun.

5. Suhu Udara

Hutan tropis berada pada suhu optimal untuk tanaman yang mereka butuhkan untuk tumbuh. Suhu di hutan ini adalah 20-34 derajat C. Selain itu, hutan tropis mempunyai iklim atau kelembaban.

Baca Juga :  Pengertian Meteor: Ciri-ciri, Jenis-jenis Beserta Contohnya

6. Mempunyai Beragam Jenis Tumbuhan Tapi Tidak Ada yang Dominan

Hutan tropis adalah hutan dari sebagian besar spesies tanaman di seluruh dunia, tetapi banyak spesies tanaman tidak dominan. Kami tidak akan menemukan spesies tanaman unggul apa pun di hutan ini.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan kali ini, yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Hutan Hujan Tropis. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Categories IPS