Aplikasi Edit Video PC untuk Pemula Mudah dan Cepat Bisa

Netter.co.id – Buat kamu yang sedang ingin belajar video editing pasti bingung apa saja software atau aplikasi edit video PC yang cocok untuk pemula? Memang, konten video saat ini semakin banyak diminati. Karena dengan YouTube, Instagram sampai TikTok kita bisa mencari hiburan bahkan informasi apapun dalam bentuk video.

Oleh karena itu, masyarakat sekarang sadar akan potensi dalam membuat konten video. Sudah banyak YouTuber, Selebgram dan TikTokers yang sukses mendapatkan penghasilan hanya dengan membuat konten dalam bentuk video.

Tapi tentu saja membuat dan mengedit video itu susah-susah gampang, dan itu tergantung seberapa kamu menguasai tool editing video yang kamu gunakan. Lalu adakah cara untuk belajar editing video dalam waktu singkat? Jawabannya tidak, karena semuanya butuh proses.

Namun, dengan memilih software edit video yang sesuai dan mudah dipahami kamu bisa mempersingkat proses kamu belajar editing video. Nah, oleh karena itu, di sini kami akan memberikan beberapa rekomendasi software edit video PC dan Laptop yang mudah dipahami oleh pemula.

Rekomendasi Aplikasi Edit Video PC Terbaik untuk Pemula

Aplikasi Edit Video PC untuk Pemula

Di bawah ini kami sudah mengumpulkan beberapa software edit video yang ringan dan gratis untuk kamu gunakan di PC ataupun laptop.

1. Avidemux

avidemux

Avidemux merupakan salah satu aplikasi edit video gratis terbaik yang bisa berjalan dengan berjalan dengan ringan di PC Windows, Mac, ataupun Linux. Dan software edit video ini sangat mudah digunakan, dan memiliki semua fitur dasar dalam editing video seperti cut, encoding, filter, dan masih banyak yang lainnya.

Selain itu, Avidemux juga sudah support berbagai format video termasuk MP4, ASF, AVI, DVD, dan format lainnya. Dengan interface yang simpel dan mudah dipahami, aplikasi edit video ini sangat cocok untuk pemula.

Kelebihan:

  • Aplikasi sepenuhnya gratis.
  • Kompatibel dengan semua OS.
  • Interface yang simpel, rapi dan mudah dipahami.
Baca Juga :  Sistem Ekonomi Liberal: Pengertian, Ciri, Kekurangan & Kelebihan

Kekurangan:

  • Opsi tools editing yang terbatas dibandingkan dengan aplikasi edit video yang berbayar.

2. Nero Video

nero video

Software edit video yang dikembangkan oleh Nero AG ini menawarkan berbagai fitur editing baik basic samapi advanced. Aplikasi ini bisa kamu gunakan dalam membuat video dan juga slide show yang keren dengan cepat dan mudah tanpa memerlukan skill advancce dalam video editing.

Selain itu kamu juga bisa menambahkan beberapa efek ke dalam file project video yang kamu kerjakan. Salah satu fitur menariknya adalah audio track, streaming, ekspor, sampai fitur untuk burning langsung hasil video kamu ke CD/DVD.

Kelebihan:

  • Bisa menambahkan file video untuk diedit dari berbagai source seperti memori sistem, stik USB, camcorder, Hardisk eksternal, dan sebagainya.
  • Memiliki lebih dari 1000 template film dengan efek yang lengkap.

Kekurangan:

  • Kecepatan dalam pemrosesan file kurang begitu baik (agak lemot)

3. Pinnacle Studio

pinnacle studio

Aplikasi edit video PC yang dikembangkan oleh Pinnacle Studios ini memungkinkan pemula untuk mengedit dan menyesuaikan file seperti seorang profesional. Selain itu, ada lebih dari 1500 efek dan fitur menarik seperti color grading, title, template, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Adapun fitur canggih lainnya yaitu multi-cam, sudah support VR 360 derajat, dan juga kualitas video 4K. Dengan beberapa fitur yang sudah kami sebutkan di atas, pemula bisa menghasilkan konten video yang terlihat profesional.

Kelebihan:

  • Proses mengolah file video sangat cepat.

Kekurangan:

  • Interface terbilang cukup sulit dipahami oleh pemula.
  • Beberapa fungsi dan tool juga terbatas.

4. Clipchamp

Aplikasi Edit Video PC Clipchamp

Clipchamp adalah aplikasi edit video online yang cukup populer. Untuk mengunakan tool edit video ini kamu hanya perlu menggunakan browser seperti Chrome, Firefox, atau browser lainnya.

Jadi, kamu tidak perlu lagi repot-repot menginstall aplikasi di PC atau laptop kamu. Dan aplikasi ini sepenuhnya gratis. Meski ini adalah aplikasi video editing online, kamu masih bisa menggunakan beberapa tools edit video seperti cut, trim, filter, efek dan beberapa tools lainnya.

Selain mengedit video, kamu juga bisa menggunakan ClipChamp untuk mengompress video dan merekam video melalui webcam. Aplikasi ini sangat berguna untuk kamu yang ingin membuat konten video tutorial dan cocok untuk pemula.

Kelebihan:

  • Aplikasi edit video ini gratis.
  • Tidak perlu download dan install software.
Baca Juga :  Pengertian Tipografi: Sejarah, Unsur-Unsur & Fungsi (Terlengkap)

Kekurangan:

  • Membutuhkan kecepatan internet yang kencang.
  • Hasil edit video yang kamu buat harus didownload.

5. VidAir – Aplikasi Edit Video Online

wondershare vidair

Sama seperti Clipcham, VidAir juga merupakan editor video online yang cocok untuk pemula. Kenapa cocok untuk pemula? Karena aplikasi ini menyediakan template video untuk kamu gunakan dalam mengedit video dengan mudah.

Kamu hanya perlu memilih template, pilih video yang ingin kamu edit, dan aplikasi akan melakukan sisanya untuk kamu. Jika hasilnya masih kurang, kamu masih bisa menambahkan fitur lain seperti efek teks, stiker, dll.

Yang paling menarik, kamu bisa memilih file vide, gambar, dan musik backsound yang tersedia di library mereka secara gratis. Kamu bisa membuat video yang profesional tanpa perlu skill dalam beberapa menit saja. Cukup dengan drag dan klik, upload file dari drive lokal lalu mulai edit video dengan sangat mudah.

Kelebihan:

  • Tersedia banyak Template video untuk pemula.
  • Tambahkan efek teks, stiker, musik backsound, gambar, dan klip video gratis.
  • Support berbagai browser termasuk Chrome, Safari, Firefox, dl.

Kekurangan:

  • Terdapat watermark.

Atau download: Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark

6. UniConverter – Software Edit Video PC Gratis

uniconverter

Wondershare UniConverter merupakan salah satu aplikasi edit video PC terbaik untuk pemula. Software edit video PC dan Laptop ini tersedia untuk Windows dan Mac dan support berbagai fungsi dasar sampai advance.

Jadi, software editing video ini tidak hanya untuk pemula, buat kamu yang sudah pro juga bisa akan mendapatkan banyak manfaat di aplikasi ini. Aplikasi editing video ini memiliki semua fungsi seperti cut, trim, tambahkan watermark, filter, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga bisa convert video dengan lebih dari 1000 format yang support dengan aplikasi.

Kelebihan:

  • Support berbagai macam format video.
  • Sudah support batch proses.
  • Fungsi pengeditan video yang sangat lengkap.
Baca Juga :  Cara Edit Video di Instagram Menggunakan Efek yang Lagi Trend

Kekurangan:

  • Software berbayar.
  • Membutuhkan proses installasi software.

7. Filmora

Aplikasi Edit Video PC filmora

Ini adalah salah satu aplikasi pengeditan video gratis terbaik untuk pemula yang hadir dengan beragam opsi untuk pengeditan video. Filmora bisa kamu gunakan di PC atau Laptop Windows dan Mac

Dengan Filmora, kamu bisa mengedit video dengan layer klip, voice protection dengan noise remover, dan banyak fitur lainnya. Aplikasi edit video ini sudah support quick process, sesuaikan kualitas preview, dan juga bisa memperbaiki masalah seperti camera shake dan masih banyak lagi.

Kelebihan:

  • Support di PC Windows dan Mac.
  • Tersedia fitur-fitur profesional.
  • Support bermacam format video terpopuler.

Kekurangan:

  • Fiturnya terbatas untuk versi gratis.

Kumpulan Aplikasi Edit Video Terbaik Lainnya

Di atas sudah kami bagikan beberapa aplikasi edit vieo PC yang gratis dan mudah digunakan oleh pemula. Sebenarnya masih banyak lagi software lainnya, tapi tidak mungkin kami cantumkan semuanya di artikel ini, karena akan sangat panjang pembahasannya.

Tapi, kalau kamu rasa aplikasi-aplikasi yang kami sebutkan di atas masih kurang. Kamu bisa cek beberapa rekomendasi aplikasi edit video terbaik untuk PC dan Smartphone yang sudah kami bahas di artikel kami berikut ini.

Kesimpulan

Dengan aplikasi edit video yang sudah kami bahas di atas, sekarang bisa mulai membuat karya video kamu sendiri. Meski kamu masih pemula, kamu bisa menggunakan software edit video di atas dengan mudah dan mendapatkan hasil yang nampak profesional.

Jadi, mulai sekarang jangan takut berkarya dan mulailah menjadi konten kreator di YoTube, Instagram atau TikTok dengan gaya kamu sendiri. Sekian ulasan kita kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk kita semua. Dan bantu web ini berkembang dengan cara share ke teman-teman content creator lainnya. Terima kasih.