Netter.co.id

Kumpulan Berita Netizen Indonesia Terbaru Hari ini

Review Film Arrival Sebuah Pesan Tersirat dari Alien untuk Penghuni Bumi

Review Film Arrival Sebuah Pesan Tersirat dari Alien untuk Penghuni Bumi
Review Film Arrival Sebuah Pesan Tersirat dari Alien

Hallo, sobat! Kami akan bercerita tentang film berjudul Arrival bergenre sci-fi, dengan sorotan dan pemandangan yang cukup menegangkan. Menarik untuk dibahas karena film ini membuat banyak penasaran terkait kedatangan alien dan apa yang ingin disampaikan oleh mereka sebenarnya untuk umat manusia, hingga tahun 2021 telah meraup pujian mulai dari aktor terkenal hingga kritikus film di seluruh dunia, menurut filmbor

Arrival berkisah tentang Louise Banks (Amy Adams) seorang ahli bahasa yang baru ditinggal mati putrinya, dan harus memecahkan teka-teki bahasa alien. Alien ini datang dengan pesawat berwarna abu-abu lonjong di negara bagian Montana, Amerika Serikat, dan di 12 lokasi lain di seluruh dunia. Peristiwa yang harus dia hadapi ini berbarengan dengan kelebatan kenangannya tentang sang putri yang terus muncul.

Dibintangi tiga aktor dan aktris nominator Oscar yaitu Amy Adams, Jeremy Renner dan Forest Whitaker, film ini mengisahkan tentang kedatangan alien ke bumi. Alien ini datang menggunakan pesawat berbentuk lengkung dan mendarat di 12 negara berbeda antara lain di Amerika Serikat dan China. Tak hanya sekedar datang dan mendarat. Para alien ini juga membawa sebuah pesan misterius yang disampaikan melalui simbol.

Seorang ahli linguistik bernama Louise Banks (Amy Adams) dihubungi oleh pihak militer Amerika Serikat. Pimpinan militer Kolonel Weber (Forerst Withaker) meminta Louise membantu pemerintah berkomunikasi dengan Alien tersebut. Louise dibawa ke sebuah kamp milter dan nantinya akan bekerja sama dengan ahli fisika, Ian Donnelly (Jeremy Renner).

‘Arrival’ memiliki konsep cerita dengan plot yang kompleks, dan lambat, namun jauh lebih rasional jika dibandingkan dengan film alien kebanyakan. Film ini sebagian besar memfokuskan bagaimana Louis mendobrak tembok penghalang, yaitu bahasa, untuk bisa berinteraksi dengan sang makhluk asing disini. Sebagian besar adegannya yang dibebankan kepada karakter Louis, 

Seolah membuat film ini ingin kita mengetahui apa yang sebenarnya terjadi sepanjang cerita melalui sudut pandang karakter utamanya.  Melalui sudut pandang tersebut satu persatu pertanyaan seperti, siapa alien tersebut, darimana mereka datang, apa yang mereka inginkan, tujuan apa yang mereka miliki, dan apa dampaknya kepada umat manusia, mulai terbuka secara bertahap.  

Tetapi jujur saja, bahwa proses menguraikan bahasa sepanjang film adalah bagian yang paling membosankan, bahkan ada naratif tersendiri untuk menjelaskan beberapa bagian agar para penonton bisa lebih paham mengenai keberlangsungan plotnya. Cerita dalam ‘Arrival’ intinya adalah proses bagaimana kita mengerti maksud dari alien tersebut, dan mengapa pemahaman bahasa jauh lebih penting ketimbang aksi ala rambo di kebanyakan film. 

Menemukan jawaban sebenarnya di akhir film dan melihat kembali kebelakang ceritanya akan menimbulkan sebuah kepuasan tersendiri, semua hal yang membingungkan diawal film akan terbayarkan pada klimaks, hal-hal yang kompleks akan terasa masuk akal ketika kita mengerti keseluruhan yang ada di filmnya. Ceritanya seolah mendorong para penontonnya untuk berpikir kembali mengenai keseluruhan cerita, dan membahas kembali semua kejadian yang ada di filmnya setelah mereka selesai melihat film ini.

Kekurangan dari film ini adalah dari trailernya yang setidaknya menampilkan sebagian besar dari ceritanya namun untungnya tidak untuk klimaks yang merupakan bagian terbaik dari film ini. Selain itu karakter Ian Donelly kurang mendapat perhatian lebih meskipun termasuk sebagai karakter utamanya disini, biar diperankan dengan baik oleh Jeremy Renner karakternya tidak dikembangkan dengan baik dan terasa seperti tidak memiliki dampak apapun kedalam ceritanya.

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021